Home » » Tingkatan Stadium & Jenis Kanker Paru Paru

Tingkatan Stadium & Jenis Kanker Paru Paru

Tingkatan Stadium & Jenis Kanker Paru Paru
Kanker paru paru secara luas diklasifikasikan menjadi 2 jenis yaitu : small cell lung cancer (SCLC) dan non-small cell lung cancer (NSCLC). Klasifikasi ini didasarkan pada gambaran sel-sel tumor di bawah mikroskop. 2 jenis kanker paru paru ini berkembang, menyebar, dan ditangani dengan cara yang berbeda.Oleh karena itu penting untuk membedakan kedua jenis ini.

Stadium Kanker Paru Paru

Stadium kanker paru paru mengacu pada tingkatan seberapa jauh tumor menyebar dalam tubu. Penentuan stadium kanker paru paru melibatkan evaluasi ukuran tumor serta ada tidaknya metastasis pada limfe (kelenjar getah bening) atau organ lain. Penentuan stadium sangat penting untuk menentukan bagaimana tumor tertentu harus ditangani. Penentuan stadium juga sangat penting untuk memperkirakan prognosis, dimana stadium yang lebih tinggi memiliki prognosis yang lebih buruk diabandingkan dengan stadium yang lebih rendah.

Dokter melakukan beberapa pemeriksaan untuk dapat menentukan stadium kanker paru paru secara akurat, meliputi pemeriksaan darah, X-ray scan, CT scan, dan bone scan. Hasil pemeriksaan kimia darah yang abnormal mungkin menunjukan adanya metastasis pada tulang atau hati. Prosedur radiologi mendokumentasikan ukuran tumor serta penyebarannya pada organ lain.

Non-Small Cell Lung Cancer (NSCLC), stadium ditentukan berdasarkan keparahannya:
  • Stadium I, kanker terbatas pada paru-paru
  • Stadium II dan III, kanker mungkin telah menyebar ke limfe (kelenjar getah bening)
  • Stadium IV, kanker telah menyebar keluar dari paru-paru ke bagian tubuh lainnya.
Small Cell Lung Cancer (SCLC), stadium menggunakan sistem berjenjang:
  • Limited Stage (LS), kanker terbatas pada daerah asalnya dalam paru-paru dan menyebar ke limfe (kelenjar getah bening)
  • Extensive Stage (ES), kanker telah menyebar ke bagian tubuh yang jauh dari paru-paru

Jenis Kanker Paru Paru

Small Cell lung Cancer (SCLC)

SCLC terjadi sekitar 20% dari seluruh kasus kanker paru paru.SCLC merupakan jenis kanker paru paru yang paling agresif  dan berkembang cepat. SCLC berhubungan erat dengan kebiasaan merokok, dengan hanya 1% dari seluruh kasus terjadi pada penderita yang bukan perokok. SCLC cepat menyebar ke beberapa area dalam tubuh dan paling sering ditemukan setelah kanker menyebar luas.

Non-Small Cell Lung Cancer (NSCLC)

NSCLC merupakan jenis kanker paru paru yang paling umum terjadi, yaitu terhitung sekitar 80% dari seluruh kasus kanker paru paru. NSCLC memiliki 3 jenis utama yang diberi nama berdasarkan jenis sel yang ditemukan dalam tumor.
  • Adenocarcinomas
    Merupakan jenis NSCLC yang paling umum terjadi, sekitar 30 – 40 % dari seluruh kasus NSCLC. Jenis ini terutama terjadi pada wanita dan mereka yang tidak merokok. Sebagian besar kasus adenocarcinomas tumbuh di daerah tepi atau bagian luar paru-paru. Jenis ini memiliki kecenderungan untuk menyebar ke limfe (kelenjar getah bening) dan daerah yang jauh dari paru-paru. Bronchioloalveolar carcinoma merupakan sub jenis dari adenocarcinoma yang sering terjadi pada beberapa tempat dalam paru-paru dan menyebar ke dinding alveolus (gelembung tipis yang merupakan bagian akhir dari saluran pernfasan dan merupakan tempat terjadinya pertukaran udara). Pada thorax X-ray (foto roentgen dada) gambarannya terlihat seperti pneumonia (peradangan pada paru-paru, dimana alveolus yang berfungsi menyerap oksigen terisi dengan cairan).
  • Squamous cell carcinomas
    Jenis ini awalnya lebih umum terjadi dibandingkan dengan adenocarcinomas, saat ini terhitung sekitar 30% dari seluruh kasus NSCLC. Squamous cell carcinomas dikenal juga dengan nama epidermoid carcinomas. Squamous cell carcinomas paling sering tumbuh di daerah pusat paru-paru, yaitu bronkus (percabangan terbesar dari trakea (batang tenggorok) yang menuju ke paru-paru), paling sering menyebar ke seluruh bagian paru-paru, berkembang cukup besar dan membentuk lubang.
  • Large cell carcinomas
    Terkadang disebut juga undifferentiated carcinomas, merupakan jenis NSCLC yang paling jarang terjadi, terhitung 10%-15% dari seluruh kasus kanker paru-paru. Jenis ini memiliki kecenderungan yang tinggi untuk menyebar ke limfe (kelenjar getah bening) dan daerah yang jauh dari paru-paru.
  • Mixed tumor (tumor campur)
    Pada jenis ini tampak campuran dari beberapa jenis NSCLC yang berbeda.
 Beberapa jenis kanker lainnya dapat tumbuh dalam paru paru. Jenis ini lebih jarang terjadi dibandingkan dengan SCLC dan NSCLC, dengan total keseluruhan hanya 5-10% dari seluruh kasus kanker paru paru.
  • Bronchial carcinoids
    Tumor ini umumnya berukuran kecil (3 – 4 cm) ketika didiagnosis dan paling sering terjadi di bawah usia 40 tahun, dan tidak berhubungan dengan kebiasaan merokok. Carcinoid dapat bermetastasis dan sebagian kecil dari tumor ini mengeluarkan substansi yang menyerupai hormon. Carcinoid umumnya berkembang dan menyebar lebih lambat dibandingkan dengan bronchogenic cancers (SCLC dan NSCLC). Sebagian diantaranya dideteksi dini sehingga cukup memungkinkan untuk dibuang dengan cara operasi.
  • Kanker pada jaringan ikat paru-paru, seperti otot polos atau pembuluh darah, serta sel-sel yang terlibat dalam respon imun tubuh.
Penyebaran kanker yang berasal dari bagian tubuh lainnya sering ditemukan pada paru paru. Tumor ini dapat menyebar ke paru paru melalui aliran darah, kelenjar limfe, atau secara langsung dari organ terdekat. Tumor ini biasanya multipel, tersebar di seluruh bagian paru paru, dan lebih terkonsentrasi di bagian luar daripada di pusat paru paru.

Sekian sajian infomasi tentang Tingkatan Stadium & Jenis Kanker Paru Paru. Semoga bermanfaat.

Rekomendasi: obat kanker paru paru
Beli Lebih Banyak Harga Lebih Murah Klik > Dapatkan Disini !!!