Home » » Rokok Salah-satu Penyebab Kanker Paru

Rokok Salah-satu Penyebab Kanker Paru

Semua pasti sudah tahu mengenai apa itu kanker paru? Kanker paru adalah tumbuhnya sel kanker, yang tidak dapat dikendalikan di dalam jaringan Paru. Kanker paru ialah penyakit keganasan dan sebagai salah-satu penyebab kematian terbanyak pada pria ataupun wanita.
Rokok Salah-satu Penyebab Kanker Paru
Memiliki 2 jenis sel kanker paru yaitu kanker paru kelompok sel bukan kecil (KPKBSK) dan kanker paru kelompok sel kecil (KPSK). Pemilihan terapi kanker paru berdasarkan jenis sel, stadium dan performance status pasien. Stadium kanker paru terbagi menjadi Stadium 0 (terlokalisir), Stadium 1 (hanya dalam paru), Stadium 2 (menyebar ke kelenjar sekitarnya), Stadium 3 (menyebar ke dinding dada, diagfragma, kelenjar mediastinum dan leher), Stadium 4 (menyebar kebagian tubuh lainnya).

Sampai saat ini, kebiasaan merokok masih diakui sebagai penyebab terbanyak Kanker Paru. Terdapat banyak zat kasinogen (zat yang terdapat menyebabkan pertumbuhan sel kanker) terkandung dalam rokok yang dapat merusak gen, mengakibatkan mutasi DNA, dan menyebabkan pertumbuhan sel menjadi tidak normal, sehingga terbentuk Kanker Paru. Nikotin adalah zat yang dapat membuat ketagihan. Asap rokok mengandung karbonmonoksida dapat mencapai otak dalam waktu kurang lebih 10 detik adalah suatu zat yang dapat menyebabkan kematian karena lebih mudah berikatan dengan hemoglobin sehingga darah akan kekurangan oksigen. Rokok dapat mengganggu sistem kekebalan tubuh dan beresiko menyebabkan infeksi paru dan organ tubuh lainnya.

Berbagai masalah kesehatan yang terjadi akibat rokok antara lain jantung, stroke, menopause dini, osteoporosis, infertility, masalah kehamilan seperti abortus, prematur, bayilahir dengan berat badan rendah, lahir mati, hingga kematian janin, "ujar dr. Dian Yulianti, Sp.P. Dokter Spesialis Paru RS Mitra Keluarga Cikarang. Peranan polusi udara sebagai salah-satu penyebab terjadinya Kanker Paru, hingga kini masih diteliti. Namun, dalam beberapa kasus yang terjadi, adanya pemaparan oleh radon, asbestos, arsenic, nikel, chromium, chloromethyl ether, juga dipercaya sebagai salah-satu penyebab Kanker Paru. Gejala klinis kanker paru antara lain batuk, nyeri dada, sesak napas, batuk darah, penurunan berat badan suara serak, sulit atau sakit menelan, benjolan di pangkal leher, sembab di muka, leher dan lengan.

Pemeriksaan penunjang yang diperlukan untuk diagnose kanker paru antara lain rontgen toraks, bronchoscopy, biopsy jaringan paru. CT scan otak, bone scan, diperlukan untuk mencari anak sebar sel kanker, "ujar dr. Dian. Pengobatan Kanker Paru dapat dilakukan dengan multi modality terapi (kemoterapi dan atau radiasi). Namun semua itu tergantung dari stadium kanker yang diidap oleh seseorang. Kanker Paru Stadium 1 dapat dilakukan dengan pembedahan, Stadium 2 dilakukan pembedahan  dan Adjuvan Radioterapi, Stadium 3A dilakukan pembedahan dan Neoadjuvan kemoterapi - Radioterapi, Stadium 3B dengan Kemoterapi dan Radioterapi, dan Stadium 4 adalah pengobatan Paliatif.
Sebagai catatan, Kanker Paru adalah penyakit keganasan dengan angka kematian tinggi yang jumlahnya semakin bertambah setiap tahunnya di Indonesia. Mencegah lebih baik daripada mengobati. Jalani hidup sehat, makan makanan bergizi, olahraga teratur, istirahat cukup, dan tentu saja tidak merokok," imbuhnya. Jadi. mulailah hidup sehat sekarang juga.
Beli Lebih Banyak Harga Lebih Murah Klik > Dapatkan Disini !!!